Enter your keyword

post

Block System: belajar secara mendalam

Block System: belajar secara mendalam

Setelah memperkenalkan konsep Project Based Learning, SMP Lazuardi memperkenalkan konsep Main Lesson Block. Sistem ini merupakan adaptasi dari Waldorf Education. Main Lesson Block resmi diterapkan di SMP Lazuardi GCS mulai tahun pelajaran 2019-2020. 

Secara teknis sistem ini terdiri dari 5 blok mata pelajaran. Pelajaran yang masuk ke dalam Main Lesson Block yaitu Math, Science, English, Bahasa Indonesia, dan Social Studies. Selanjutnya, periode waktu belajar untuk satu blok sangat intensif yaitu selama 2-4 minggu. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang mendalam kepada siswa.

Lazuardi percaya bahwa ilmu pengetahuan butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang sampai matang. Karenanya, penggunaan Main Lesson Block memberikan ruang dan waktu bagi siswa untuk memiliki pengalaman yang utuh (holistik) untuk sebuah proses pembelajaran.

Selain untuk mengembangkan dan menyempurnakan konsep pelajaran, ada berbagai keunggulan dalam sistem ini. Masa jeda dalam sebuah blok mata pelajaran akan membuat siswa memiliki rasa ketertarikan dan persepsi baru terhadap pelajaran tersebut. Siswa seolah memasuki cakrawala baru yang siap mereka jelajahi hingga tuntas. Ditambah lagi, proses belajar di dalamnya yang ditunjang dengan critical thinking, kepekaan sosial, dan pendekatan saintifik, tentu juga akan lebih mendalam dan kontekstual.

Kelebihan lain dari sistem ini adalah  guru sangat terbantu untuk mencapai target kurikulum secara mendalam. Kontinuitas waktu belajar yang cukup panjang memungkinkan guru merancang aktivitas dengan eksplorasi penuh dan intensif bagi siswa. Dengan demikian, siswa akan memiliki berbagai pengalaman belajar dengan pemahaman yang lengkap.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.