Enter your keyword

post

Sertifikasi Google Educator

Sertifikasi Google Educator

Press Release

Sertifikasi Google Educator

 

Cinere- Di era informasi saat ini, penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah mulai dilirik oleh para pendidik sebagai salah satu cara menggaet perhatian siswa dan membuat kegiatan belajar mengajar terasa lebih menyenangkan. Lazuardi GIS sebagai salah satu contoh sekolah yang menerapkan prinsip 21st Century School tentu saja telah menerapkan teknologi dalam kegiatan utama sekolah ini. Para guru dibekali dengan pengetahuan tentang penggunaan teknologi di kelas baik lewat seminar pendidikan dan workshop baik dari dalam maupun luar sekolah. Salah satu tools yang sering digunakan para guru adalah paket dari Google yaitu sering disebut G Suite for Education yang berisi berbagai aplikasi dan media yang dapat digunakan guru dan murid untuk mencapai tujuan pembelajaran.

“Salah satu dari begitu banyak hal yang menjadi keunggulan penggunaan teknologi dalam kelas adalah dari segi integrasi. Kita tahu bahwa di rumah siswa telah terpapar dengan gadget, maka jika guru menggunakan gadget sebagai salah satu media pembelajaran, kami berharap sedikit banyak siswa dapat mengetahui sisi positif dari gadget selain untuk bermain dan bersosial media, bahwa gadget mereka juga dapat dipakai untuk belajar” papar Mutia Shahab, Humas Sekolah Lazuardi GIS ketika ditanya mengenai alasan Sekolah ini menerapkan Teknologi di dalam kelas.

Sebagai wujud keseriusan mereka dalam menerapkan teknologi di sekolah, beberapa guru yang merasa sudah cukup terlatih mengambil Google Certification Exam for Education yang merupakan sertifikasi resmi dari google untuk menunjukkan kompetensi guru tersebut dalam penggunaan dan pengelolaan teknologi sebagai media pembelajaran. Selama 3 jam mereka mengikuti ujian yang berisi pertanyaan dan skenario seputar penggunaan aplikasi dari Google yang dapat digunakan untuk pendidikan seperti Google Sheets, Google Docs, Google Slides, Google Classrom, dan sebagainya.

“Alasan saya ikut serta dalam Google Certification Exam for Educators ini adalah karena saya ingin mengetahui batas kemampuan dan kepahaman saya dalam menggunakan teknologi terutama aplikasi-aplikasi google dalam proses belajar mengajar di kelas” Jelas Ibu Ferly Fauzia Arlini, satu dari enam orang guru dari Lazuardi Global Islamic School yang lulus dalam sertifikasi ini. Pak Aria Wisnu -guru dari Millennia Waldorf School- yang juga dinyatakan lulus dalam sertifikasi google mengungkapkan alasan mengapa dia menjadi begitu tertarik untuk terus mengembangkan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya adalah karena teknologi memudahkan guru dalam memberikan tugas dan menilai hasil kerja siswa “Teknologi juga membuat suasana kelas lebih menarik dan lebih melibatkan siswa dalam proses belajar, selain itu juga dapat mengurangi penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan” tambahnya.

Sebelumnya Guru-guru dari sekolah yang ikut dalam sertifikasi ini  telah mengikuti seminar dan workshop tentang penggunaan Google Tools di kelas yang dibimbing oleh Steven Sutantro yaitu satu-satunya Google Certified Trainer asal Indonesia. Pak Steven juga menjadi coach saat penyelenggaraan sertifikasi untuk para guru yang semuanya dilakukan secara online.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.